Categories
Budidaya

Syarat Budidaya Bekicot

Syarat Budidaya Bekicot

Syarat Budidaya Bekicot

Menjadi binatang yang menjijikkan bagi kebanyakan orang, siput itu ternyata memiliki banyak manfaat dan keistimewaan. Salah satunya adalah Anda bisa melewati benda-benda tajam tanpa melukai diri sendiri dan menempel di dinding tanpa jatuh. Siput dapat digunakan sebagai makanan hewan peliharaan dan dapat dijual sebagai sumber protein, kapur, dan fosfor untuk bahan pakan ternak yang dijual ke Belanda, Taiwan, Singapura, dan negara-negara lain sebagai produk ekspor.


1. Syarat, Bahan dan Alat Budidaya Bekicot

Persyaratan: Daerah berbatu dapat hidup dengan baik di dataran rendah dengan siput hingga 1000m di atas permukaan laut. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika beternak siput, antara lain: suhu yang dibutuhkan oleh siput adalah antara 26’C-29’C dan kelembabannya antara 80-90%.
Bahan: Komponen utama yang dibutuhkan untuk budidaya bekicot adalah bibit bekicot, dinding kapur atau rusak, dan kompos.
Kemudian bahan untuk kandang kebun: batu bata, pasir, semen, tanaman pelindung.
Kemudian untuk bahan penetasan: bambu atau kayu, kawat, engsel, timah tua, pasir, kertas semen, dan jerami.
Alat: Alat yang dibutuhkan untuk membuat sangkar siput adalah: jangkar, sendok dinding, palu, skimitar, pemotong kawat, gergaji, dan pengukur.


2. Langkah Kerja Budidaya Bekicot

Untuk membuat terali, untuk membuat terali: Pilih tempat taman yang agak teduh, Ukur lahan yang akan digunakan untuk terali sekitar 10m x 10m, buat parit dengan beberapa batu bata dan buat medan selebar 40cm lebar dan plester semen sekitar kebun 30 cm, lalu isi lubang dengan air (jangan biarkan lubang menetes).
Konstruksi kandang penetasan. Kandang inkubasi khusus digunakan untuk proses pernikahan. Telur tetas dapat dibuat dengan cara-cara berikut: Membuat kotak bebas kandang dengan kayu dengan lebar 75 cm, panjang 150 cm dan tinggi 60 cm. Kemudian buat tutup kisi dengan wire mesh.


3. Pilihan Induk atau Perkawinan

Siput ditemukan di banyak daerah pedesaan, jadi Anda hanya perlu mengemas siput di kandang yang disediakan di atas, maka Anda dapat memilih sesuai dengan kriteria berikut untuk memilih tempat penetasan: batang besar, ukuran 6-7 cm dan Berat 70gr. Memiliki kerak yang kuat dan bersih. Tidak perlu memperhatikan seks untuk memilih orang tua, karena siput adalah hewan biseksual. Siput yang dipilih dapat ditempatkan langsung di kandang penetasan. Setiap tempat penetasan dapat diisi dengan 10 pasang siput. Ini harus dilakukan pada malam hari untuk membawa siput dari kandang ke tempat penetasan.


4. Pembesaran

Pembesaran adalah tahap lanjut setelah penetasan telur dan pertumbuhan siput. Ekspansi di kandang terjadi setelah anak siput berumur 7 hingga 15 hari. Kegiatan pembiakan dimulai dengan siput yang membawa anak dari tempat penetasan ke kandang pembibitan. Selama ekstraksi, itu harus dilakukan dengan hati-hati, karena cangkang keong masih sangat rapuh. Setelah anak siput dipindahkan ke kandang yang terangkat, penting untuk mempertimbangkan memberinya petroleum jelly di sekitar dinding kandang sehingga anak siput tidak meninggalkan kandang. Untuk pertumbuhan siput yang sempurna disiram dua kali sehari, seperti beras dan malam, untuk menjaga kelembaban dan suhu kandang secara memadai. Siput dapat dipanen setelah sekitar 7-10 bulan.


5. Pemasaran

Bekicot adalah siput yang diperdagangkan segar dan masih hidup. Metode umum yang digunakan adalah menempatkan siput dalam keranjang atau langsung di atas tempat tidur truk berlapis-lapis antara siput dan penjaga.
Siput yang diproses adalah siput yang diproses sebelum dikomersialkan. Makanan tidak boleh diberikan selama 2 hari untuk membersihkan kotoran di dalam siput sebelum diproses.

 

 

 

Sumber : https://anekabudidaya.com/